Detail Cantuman

Asuhan Keperawatan dengan Masalah Defisit Nutrisi pada Klien Typhoid Usia Dewasa di RSU Pindad Turen

Asuhan Keperawatan dengan Masalah Defisit Nutrisi pada Klien Typhoid Usia Dewasa di RSU Pindad Turen


Latar Belakang : Penyakit tifoid merupakan penyakit infeksi akut bersifat sistemik yang disebabkan salmonella typhi yang ditandai oleh demam berkepanjangan, sakit kepala, mual, kehilangan nafsu makan, sehingga klien tersebut menumbulkan masalah defisit nutrisi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses asuhan keperawatan dengan masalah defisit nutrisi pada klien typhoid usia dewasa di RSU Pindad Turen.
Metode : Desain penelitian menggunakan studi kasus untuk melakukan proses asuhan keperawatan mesdeskripsikan studi kasus dengan mengksplorasi kasus klien typhoid yang mengalami masalah keperawatan defisit nutrisi di RSU Pindad Turen dengan jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 3 partisipan yang memiliki kriteria usia dewasa dengan tes widal positif, serta memiliki keluhan utama gangguan pemenuhan nutrisi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan dokumentasi dengan intrumen format asuhan keperawatan medikal bedah. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik dengan analisa data mengunakan 3 tahap, yaitu ; 1) Reduksi data, 2) Pemaparan data, dan 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil : Setelah dilakukan tindakan keperawatan pemberian manajemen gangguan makan dan manajemen nutrisi selama 3 x 24 jam partisipan mengalami perbaikan nutrisi. Partisipan yang menunjukkan keterlambatan perbaikan kondisi status nutrisi adalah partisipan 3 karena adanya kondisi klien dari awal masuh RS sudah mengalami kondisi status nutrisi yang kurus, sehingga untuk meningkatkan status nutrisi klien tersebut membutuhkan terapi lanjut setelah paska rawat inap. Evaluasi keperawatan pada partisipan dengan diagnosa resiko lebih cepat dalam memulihkan status nutrisinya. Sedangkan partisipan yang memiliki diagnosa aktual lebih lambat dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya, sehingga evalausi defisiy nutrisi partisipan maksimal dapat teratasi sebagian.
Diskusi : Klien diharapkan mengetahui tentang penyakit typoid dan menganjurkan untuk segera membawa akan ke petugas kesehatan yang terdekat bila mengenali tanda bahaya, menjaga kebersihan diri sendiri dan dapat memberikan penanganan segera apabila tanda dan gejala typoid berulang, serta menjalankan tirah baring, dan mengonsumsi makanan yang sehat, agar asupan kebutuhan nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi.


Kata Kunci : Usia Dewasa, Defisit Nutrisi, Typhoid



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Karya Ilmia Akhir Ners
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Alvianita, Riza Frika - Personal Name
Student ID 21.30.086
Dosen Pembimbing Hardiyanto, S.Kep., Ns., M.Kep. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Usia Dewasa
Defisit Nutrisi
Typhoid
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Karya Ilmiah Akhir Ners
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas Kepanjen
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2023).Asuhan Keperawatan dengan Masalah Defisit Nutrisi pada Klien Typhoid Usia Dewasa di RSU Pindad Turen.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id