Detail Cantuman

Gambaran Asuhan Keperawatan pada Pasien Hipertensi Yang Mengalami Nyeri Akut (Nyeri Kepala) dengan Intervensi Inovasi Massage Bahu Sampai Kepala (di Poli Umum Puskesmas Ciptomulyo Kota Malang)

Gambaran Asuhan Keperawatan pada Pasien Hipertensi Yang Mengalami Nyeri Akut (Nyeri Kepala) dengan Intervensi Inovasi Massage Bahu Sampai Kepala (di Poli Umum Puskesmas Ciptomulyo Kota Malang)


Hipertensi menyebabkan resistensi pembuluh darah otak, sehingga menimbulkan nyeri kepala. Hal ini jika tidak segera ditangani, akan mengakibatkan iskemik jaringan otak dan bahkan kematian. Tindakan untuk mengurangi nyeri meliputi tindakan farmakologis dan non farmakologis, yang salah satunya adalah Massage bahu sampai kepala.Tujuan penelitian ini adalah peneliti mampu memahami Gambaran Asuhan Keperawatan Pada Pasien Hipertensi Yang Mengalami Nyeri Kepala Akut Dengan Intervensi Massage bahu sampai kepala. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang meliputi pengkajian, menganalisa data, intervensi, implementasi serta evaluasi. Pengumpulan data diperoleh dari anamnesa, pemeriksaan fisik dan observasi. Dari hasil pengkajian pada 5 responden dengan kriteria usia 36-65th, dengan kasus hipertensi derajat 1-2 yang mengalami nyeri kepala acut derajat sedang (4-6). Ditegakkan diagnosa keperawatan Nyeri Akut berhubungan dengan agen pencidera fisiologis. Intervensi keperawatan yang diangkat adalah Massage bahu sampai kepala, dengan metode friction dan vibration selama 7 menit, sebanyak 1 kali , yang dapat dilakukan oleh perawat atau keluarga pasien. Dengan hasil evaluasi 5 menit setelah tindakan, masalah teratasi sebagian. Kelebihan terapi massage bahu sampai kepala dibandingkan dengan terapi non farmakologis lainnya adalah tidak hanya memberikan relaksasi, namun juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.


Kata Kunci : Hipertensi, Nyeri Akut, Massage Bahu Sampai Kepala



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Karya Ilmia Akhir Ners
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wulandari, Dewi - Personal Name
Student ID 22.33.006
Dosen Pembimbing Dr. Riza Fikriana, S.Kep., Ns., M.Kep. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Hipertensi
Nyeri Akut
Massage Bahu Sampai Kepala
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Karya Ilmiah Akhir Ners
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit Repository Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kepanjen
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2023).Gambaran Asuhan Keperawatan pada Pasien Hipertensi Yang Mengalami Nyeri Akut (Nyeri Kepala) dengan Intervensi Inovasi Massage Bahu Sampai Kepala (di Poli Umum Puskesmas Ciptomulyo Kota Malang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id