Detail Cantuman

Asuhan Keperawatan pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 dengan Masalah Keperawatan Defisit Pengetahuan Intervensi Edukasi Kesehatan Pendekatan Home Care (Perawatan Jangka Panjang)

Asuhan Keperawatan pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 dengan Masalah Keperawatan Defisit Pengetahuan Intervensi Edukasi Kesehatan Pendekatan Home Care (Perawatan Jangka Panjang)


Latar Belakang: Diabetes Melitus merupakan sebuah gangguan kesehatan metabolis menahun yang ditandai dengan hiperglikemia (Gula Darah Diatas Normal). Dalam proses untuk menormalkan gula darah pasien DM, hal yang paling berperan penting salah satunya adalah seberapa patuh pasien terhadap diit yang telah ditetapkan, karena pada hakekatnya pasien yang tidak patuh dengan diit gula darahnya akan sangat tidak terkontrol. Kadar gula darah yang tidak terkontrol akan mengakibatkan perburukan bagi penderita diabetes mellitus bahkan paling fatal adalah kematian.
Metode: Desain penelitian pada penelitian ini adalah studi kasus, studi kasus merupakan penelitian yang bersifat intensfi dengan menggunakan banyak sumber bukti terhadap objek tunggal dan dibatasi oleh ruang dan waktu. Dalam studi kasus penelitian ini adalah bertujuan untuk mengeskplorasi Asuhan Keperawatan Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Dengan Masalah Keperawatan Defisit Pengetahuan Intervensi Edukasi Kesehatan Pendekatan Home Care (Perawatan Jangka Panjang) dengan jumlah sampel 3 responden yang akan diberikan kunjungan rumah atau home care selama 1x seminggu dalam sebulan atau 4 minggu.
Hasil: Hasil dari implementasi yang telah diberikan berupa edukasi kesehatan dengan pendekatan home care pada 3 responden dengan durasi 1x seminggu dalam sebulan. Pada responden 1 yang awalnya tidak memahami dan tidak mau berobat menjadi paham pentingnya berobat dan mampu menjawab seluruh kuesiner dengan benar pada akhir kunjungan. Pada responden 2, jugan mengalami peningkatan pengetahuan yang awalnya menolak diberikan edukasi menjadi menerima dan bersemangat serta mampu menjawab seluruh kuesioner evaluasi dengan benar. Pada responden 3 aspek masalah yang menonjol adalah pemahaman klien dalam mengatasi penyakit yang diderita sangat kurang. klien hanya mengandalkan terapi pengobatan tradisional dan obat-obatan pasar yang dijual di warung pada akhir kunjungan responden 3 mampu dengan baik menjawab seluruh pertanyaan kuesioner evaluasi dengan benar.
Diskusi: Defisit pengetahuan yang dialami oleh penderita diabetes harus diatasi dengan pemberian edukasi yang intens agar kondisi penyakit tidak memberat dan menimbulkan berbagai macam komplikasi penyakit yang membahayakan penderita.



Kata Kunci : Diabetes Melitus, Edukasi Kesehatan, Home Care



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Karya Ilmia Akhir Ners
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rustandi, Arizona Dian - Personal Name
Student ID 22.33.004
Dosen Pembimbing Dr. Riza Fikriana, S.Kep., Ns., M.Kep. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Diabetes Melitus
Home Care
Edukasi Kesehatan
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Karya Ilmiah Akhir Ners
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit Repository Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kepanjen
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2023).Asuhan Keperawatan pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 dengan Masalah Keperawatan Defisit Pengetahuan Intervensi Edukasi Kesehatan Pendekatan Home Care (Perawatan Jangka Panjang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id