HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI POLIKLINIK BPJS RS HERMINA TANGKUBANPRAHU MALANG
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan antara lain kualitas pelayanan dan fasilitas pelayanan, jika dari kedua faktor tersebut tidak terpenuhi maka tidak sedikit pelanggan akan berakhir terhadap pengaduan/complain. Sebagai perusahaan jasa, Rumah Sakit harus mampu mengantisipasi setiap perubahan lingkungan agar dapat bersaing dan bertahan dalam persaingan bisnis jasa kesehatan, serta selalu mengarah ujung tombak pemasarannya, yakni kepuasan konsumen dari segala penawaran yang diberikan dengan tingkat pelayanan tinggi dan memadai Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Analisis data pada penelitian ini merupakan analisis Univariat yaitu analisa yang dilakukan menganalisis tiap variabel dari hasil penelitian, desain penelitianny menggunakan korelasional dan bentuk skala data masing-masing variabel yaitu ordinal. Uji statistik yang digunakan untuk analisis data adalah uji Spearman Rank. Populasi dalam penelitian ini yaitu sampel pasien rawat jalan diambil 3 hari sebanyak 875 pasien dengan jumlah sampel 100 sampel. Hasil Uji Statistik Spearman Rank diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 (p<0,05) artinya Terdapat hubungan yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Poliklinik BPJS RS Hermina Tangkubanprahu Malang. Saran dan rekomendasi bagi poliklinik RS Hermina Tangkubanprahu Malang yaitu diharapkan untuk meningkatkan kualitas layanan dengan melatih petugas RS yang tidak ramah dalam membina hubungan dengan pasien. Hal ini dapat dilakukan dengan cara lebih ramah lagi dalam memberikan pelayanan kepada pasien, melayani tanpa harus diminta terlebih dahulu olah pasien yang membutuhkan bantuan dan meningkatkan kepuasan pasien dalam memilih Rumah Sakit Hermina Tangkubanprahu karena pelayanan dirasa kurang cepat dalam menyembuhkan penyakit.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan
Detail Information
Citation
. (2023).HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI POLIKLINIK BPJS RS HERMINA TANGKUBANPRAHU MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd