Detail Cantuman

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI POLIKLINIK BPJS RS HERMINA TANGKUBANPRAHU MALANG

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI POLIKLINIK BPJS RS HERMINA TANGKUBANPRAHU MALANG


Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan antara lain kualitas pelayanan dan fasilitas pelayanan, jika dari kedua faktor tersebut tidak terpenuhi maka tidak sedikit pelanggan akan berakhir terhadap pengaduan/complain. Sebagai perusahaan jasa, Rumah Sakit harus mampu mengantisipasi setiap perubahan lingkungan agar dapat bersaing dan bertahan dalam persaingan bisnis jasa kesehatan, serta selalu mengarah ujung tombak pemasarannya, yakni kepuasan konsumen dari segala penawaran yang diberikan dengan tingkat pelayanan tinggi dan memadai Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Analisis data pada penelitian ini merupakan analisis Univariat yaitu analisa yang dilakukan menganalisis tiap variabel dari hasil penelitian, desain penelitianny menggunakan korelasional dan bentuk skala data masing-masing variabel yaitu ordinal. Uji statistik yang digunakan untuk analisis data adalah uji Spearman Rank. Populasi dalam penelitian ini yaitu sampel pasien rawat jalan diambil 3 hari sebanyak 875 pasien dengan jumlah sampel 100 sampel. Hasil Uji Statistik Spearman Rank diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 (p<0,05) artinya Terdapat hubungan yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Poliklinik BPJS RS Hermina Tangkubanprahu Malang. Saran dan rekomendasi bagi poliklinik RS Hermina Tangkubanprahu Malang yaitu diharapkan untuk meningkatkan kualitas layanan dengan melatih petugas RS yang tidak ramah dalam membina hubungan dengan pasien. Hal ini dapat dilakukan dengan cara lebih ramah lagi dalam memberikan pelayanan kepada pasien, melayani tanpa harus diminta terlebih dahulu olah pasien yang membutuhkan bantuan dan meningkatkan kepuasan pasien dalam memilih Rumah Sakit Hermina Tangkubanprahu karena pelayanan dirasa kurang cepat dalam menyembuhkan penyakit.


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Skripsi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Septiawati, Era - Personal Name
Student ID 22.23.037
Dosen Pembimbing Frastiqa Fahrany, S.Kep, Ns, M.Biomed - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Janes Jainurakhma, S.Kep. Ns. M.Kep. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type Published
No. Panggil
Subyek Kualitas Pelayanan
Fasilitas Pelayanan
Tingkat Kepuasan
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit Repository Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kepanjen
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2023).HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI POLIKLINIK BPJS RS HERMINA TANGKUBANPRAHU MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id