Detail Cantuman

HUBUNGAN HARAPAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KENDALKEREP KOTA MALANG

HUBUNGAN HARAPAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KENDALKEREP KOTA MALANG


Kepuasan pasien mampu menggambarkan suatu kesesuaian harapan dan kenyataan suatu kualitas layanan kesehatan. Apabila Puskesmas mampu memberikan pelayanan sesuai dengan harapan pasien maka pasien akan merasa puas, tetapi jika sebaliknya dimana Puskesmas tidak dapat memberikan pelayanan sesuai harapan maka bisa mengakibatkan hilangnya minat atau ketertarikan pasien dalam memanfaatkan ulang jasa pelayanan di Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan harapan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di rawat jalan Puskesmas Kendalkerep Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 75 responden. Tempat penelitian di Puskesmas Kendalkerep Kota Malang. Waktu penelitian bulan Juli 2022. Teknik pengambilan sampel adalah secara puposive sampling. Pengumpulan data diperoleh menggunakan kuesioner. Analisis data berupa univariat dan bivariat menggunakan uji Spearman Rank, dengan p < 0,05. Hasil penelitian didapatkan nilai harapan kualitas adalah tinggi yaitu 46,7%, sedangkan nilai tingkat kepuasan adalah cukup baik yaitu 40%. Hasil uji analisis nilai p value = 0,002, dimana 0,002 < 0,05 sehingga H1 diterima artinya terdapat hubungan harapan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kendalkerep Kota Malang. Dari hasil penelitian ini diharapakan puskesmas lebih mengoptimalkan kualitas pelayanan yang diberikan.


Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Harapan, Kepuasan



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Skripsi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Meita Arifiyanti, Renny - Personal Name
Student ID 2020108
Dosen Pembimbing Dedi Kurniawan, S.Kep., Ns., M.Kep. - - Dosen Pembimbing 1
Galuh Kumalasari, S. Kep., Ns., M. Kep. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Kepuasan
Kualitas Pelayanan
Harapan
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit Repository Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kepanjen
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2022).HUBUNGAN HARAPAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KENDALKEREP KOTA MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id