HUBUNGAN HARAPAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KENDALKEREP KOTA MALANG
Kepuasan pasien mampu menggambarkan suatu kesesuaian harapan dan kenyataan suatu kualitas layanan kesehatan. Apabila Puskesmas mampu memberikan pelayanan sesuai dengan harapan pasien maka pasien akan merasa puas, tetapi jika sebaliknya dimana Puskesmas tidak dapat memberikan pelayanan sesuai harapan maka bisa mengakibatkan hilangnya minat atau ketertarikan pasien dalam memanfaatkan ulang jasa pelayanan di Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan harapan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di rawat jalan Puskesmas Kendalkerep Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 75 responden. Tempat penelitian di Puskesmas Kendalkerep Kota Malang. Waktu penelitian bulan Juli 2022. Teknik pengambilan sampel adalah secara puposive sampling. Pengumpulan data diperoleh menggunakan kuesioner. Analisis data berupa univariat dan bivariat menggunakan uji Spearman Rank, dengan p < 0,05. Hasil penelitian didapatkan nilai harapan kualitas adalah tinggi yaitu 46,7%, sedangkan nilai tingkat kepuasan adalah cukup baik yaitu 40%. Hasil uji analisis nilai p value = 0,002, dimana 0,002 < 0,05 sehingga H1 diterima artinya terdapat hubungan harapan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kendalkerep Kota Malang. Dari hasil penelitian ini diharapakan puskesmas lebih mengoptimalkan kualitas pelayanan yang diberikan.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Harapan, Kepuasan
Detail Information
Citation
. (2022).HUBUNGAN HARAPAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KENDALKEREP KOTA MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd