Detail Cantuman

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, INTERAKSI SOSIAL DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Di MI. Mambaul Ulum Kecamatan Bantur )

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, INTERAKSI SOSIAL DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Di MI. Mambaul Ulum Kecamatan Bantur )


Era Globalisasi digital berkembang cepat dan pesat, seiring dengan berkembangnya gadget. Gadget bukan merupakan barang yang asing, termasuk untuk anak sekolah. Penggunaan gadget yang tidak sesuai mengganggu proses tumbuh kembang dan proses belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan penggunaan gadget terhadap motivasi belajar, interaksi sosial, dan perkembangan emsional pada anak usia sekolah dasar di MI. Mambaul Ulum Desa Gumukmas Karangsari Kecamatan Bantur. Penelitian ini menggunakan desain analisis korelasional dengan pendekatan yang Cross Sectional. Dengan populasi 120 responden dan sampel yang digunakan sebesar 92 responden menggunakan teknik Purposive Sampling di MI. Mambaul Ulum Desa Gumukmas Karangsari Kecamatan Bantur. Alat ukur menggunkan lembar kuisioner penggunaan gadget, motivasi belajar, interaksi sosial dan kuesioner SDQ untuk perkembangan emosional. Analisa data menggunkan Spearman Rank, data sisajikan dalam bentuk tabel distribusi dan narasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai signifikansi uji korelasi penggunaan gadget dengan motivasi belajar sebesar 0,000 < 0.05 dengan nilai correlation coeficient sebesar -0,555 dengan arah negatif, uji korelasi penggunaan gadget dengan interaksi sosial sebesar 0,000 < 0.05 dengan nilai correlation coeficient sebesar -0,558 korelasi cukup kuat dengan arah negatif, dan nilai signifikansi uji korelasi penggunaan gadget dengan perkembangan emosional sebesar 0,000 < 0.05 dengan nilai correlation coeficient sebesar -0,872 dengan korelasi kuat dengan arah negatif .yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak Dari hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap motivasi belajar, interaksi sosial, dan perkmebangan emosional pada anak usia sekolah dasar. Sehingga perlu adanya langkah dan tindakan dari sekolah khususnya guru untuk mempertahankan motivasi belajar dan interaksi sosial siswa saat ini yang ada pada tingkat tinggi dan meningkatkan perkembangan emosional saat ini yang ada pada tingkat sedang agar bisa meningkat lebih baik.


Kata kunci : Gadget, Motivasi Belajar, Interaksi Sosial, Perkembangan Emosional, Anak Usia Sekolah Dasar



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Skripsi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Salsabila, Naila Fitria - Personal Name
Student ID 1920044
Dosen Pembimbing Hardiyanto, S,Kep, Ns, M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Janes Jainurakhma, M.Kep - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Motivasi Belajar
Gadget
Interaksi Sosial
, Perkembangan EmosionaL
Anak Usia Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kepanjen
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2023).HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, INTERAKSI SOSIAL DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Di MI. Mambaul Ulum Kecamatan Bantur ).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id