HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN ( DI RUANG CENDANA RSI GONDANGLEGI)
Dalam profesi keperawatan, komunikasi sangat penting antara perawat dengan klien, dimana dalam komunikasi itu perawat dapat menemukan solusi permasalahan yang dialami klien, komunikasi ini dinamakan komunikasi terapeutik. pelaksanaan komunikasi terapeutik ada fase, teknik, faktor, sehingga pelayanan/asuhan keperawatan dapat berjalan dengan baik serta memberikan tingkat kepuasan pada klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan Kepuasan pasien.
Penelitian ini menggunakan desain analitik cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah perawat dan pasien masing-masing 40 orang di Ruang Rawat Inap Cendana RSI Gondanglegi.Teknik pengambilan sampling menggunakan Accidental sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pelaksanaan komunikasi terapeutik dan variabel dependennya adalah kepuasan pasien. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dan kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan perawat sudah melakukan komunikasi yang terapeutik sebanyak 40 orang dan semua responden menyatakan puas sebanyak 40 orang uji Rank Spearman menunjukkan nilai p = volue 0,01 < 0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini semua perawat sudah melakukan komunikasi terapeutik, tingkat kepuasan pasien menunjukkan semua responden menyatakan puas, dan terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Cendana RSI Gondanglegi.
Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien,Rumah Sakit.
Detail Information
Citation
. (2023).HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN ( DI RUANG CENDANA RSI GONDANGLEGI).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd