HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN REGULASI EMOSI REMAJA MENGHADAPI BULLYING
Individu mengalami berbagai perubahan emosi pada masa remaja. Emosi remaja yang cenderung meledak-ledak dan sulit dikendalikan apabila tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai masalah bagi remaja dan lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan kecerdasan emosional dengan regulasi emosi remaja menghadapi bullying.Desain penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan metode cross sectional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Miftahul Ulum Dampit sebanyak 146 responden menggunakan teknik. purposive sampling Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Untuk teknik analisa data menggunakan uji Spearman Rank.Penelitian ini dilaksanakan di MTS Miftahul Ulum Dampit, dengan hasil sebagian besar responden memiliki kecerdasan emosional pada di kategori sedang yaitu 80.0%. Dari hasil uji spearman rank di dapatkan hasil hubungan kecerdasan emosional dengan regulasi emosi remaja MTS Miftahul Ulum dengan p-value 0.000. Sehingga H1 di terima yang artinya ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan regulasi emosi remaja di MTS Miftahul Ulum. Dan di dapatkan hasil nilai koefisien kolerasi 0.690 yang artinya kolerasi tinggi, yaitu dengan nilai kolerasi Kuat.Maka dari itu, kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan regulasi emosi remaja di Mts Miftahul Ulum dengan nilai kolerasi kuat,dengan adanya hubungan antara kecerdasan emosi dengan regulasi emosi.
Kata Kunci : Bullying, Kecerdasan Emosional, Regulasi Emosi
Detail Information
Citation
. (2023).HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN REGULASI EMOSI REMAJA MENGHADAPI BULLYING.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd