Detail Cantuman

HUBUNGAN TINGKAT KEMATANGAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA PERTENGAHAN USIA 15-18 TAHUN (Studi di SMAN 1 Sumberpucung Kabupaten Malang Jawa Timur)

HUBUNGAN TINGKAT KEMATANGAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA PERTENGAHAN USIA 15-18 TAHUN (Studi di SMAN 1 Sumberpucung Kabupaten Malang Jawa Timur)


Remaja saat ini mengalami ketidakstabilan karena berada dalam masa transisi dan mencoba beradaptasi dengan tahap perkembangan sebelumnya. Remaja dikatakan sebagai titik puncak emosionalitas, dimana terjadinya emosi yang tinggi, dapat dilihat dari seberapa baik seseorang dapat mengatasi masalah, dan mengontrol respon terhadap suatu masalah, situasi atau individu yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa matang emosional yang dihubungkan dengan perilaku agresif pada remaja.
Desain penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Dengan sampel 92 responden yaitu siswa SMAN 1 Sumberpucung. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non Probability dengan menggunakan Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert yang di modifikasi dari penelitian Faradina dan Buss and Perry. Analisa data menggunakan bivariat univariat dengan uji analisis Pearson Corelation.
Hasil analisa data univariat diketahui 53% responden dengan rentang usia 17-18 tahun. Dengan kematangan emosional berada dalam kategori sedang dengan presentase 99%. Sedangkan perilaku agresif berada pada kategori tinggi dengan presentase 70%. Hasil uji analisa Pearson Corelation diketahui nilai korelasi antara tingkat kematangan emosional dengan perilaku agresif adalah 0,588, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel. Kemudian hasil korelasi koefisien (r hitung) adalah 0,588 dimana r hitung > r tabel 0,361.
Kekuatan korelasi yang dihasilkan yaitu sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa arah hubungan kedua variabel positif memiliki arti korelasi yang searah yaitu semakin tinggi tingkat kematangan emosional maka semakin tinggi perilaku agresif pada remaja begitu pula sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian tabulasi kedua variabel didapatkan sebagian besar responden cukup tinggi dalam kematangan emosional dan perilaku agresif.


Kata kunci: Kematangan Emosional, Perilaku Agresif, Remaja



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Skripsi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang MERCHELINA, DHEA - Personal Name
Student ID 1920015
Dosen Pembimbing Wiwit Dwi N, S.Kep.Ns.,M.Kep. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Riza Fikriana S.Kep., Ns., M.Kep - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Remaja
Kematangan Emosional
Perilaku Agresif
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2023).HUBUNGAN TINGKAT KEMATANGAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA PERTENGAHAN USIA 15-18 TAHUN (Studi di SMAN 1 Sumberpucung Kabupaten Malang Jawa Timur).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id