Detail Cantuman

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA REMAJA DI MTS. RAUDLATUL ULUM (Kecamatan Bantur Kabupaten Malang)

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA REMAJA DI MTS. RAUDLATUL ULUM (Kecamatan Bantur Kabupaten Malang)


Penggunaan gadget yang tidak terkontrol pada remaja dapat menyebabkan antara lain kesehatan mata terganggu, kesehatan otak terganggu, menjadi pribadi tertutup, dan gangguan tidur atau insomnia. Insomnia merupakan persepsi seseorang yang merasa kurang tidur atau tidur yang tidak cukup baik secara kualitas dan kuantitas yang mengakibatkan perasaan tidak nyaman saat bangun tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan kejadian insomnia pada remaja di MTs. Raudlatul Ulum.

Desain penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross- sectional dengan jumlah populasi 94 responden dan sampel 76 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan simple random sampling. Alat ukur menggunakan lembar kuisioner SAS (Smarthphone Addiction Scale) dan lembar kuisioner KSPBJ-IRS (Kelompok Studi Psikiatrik Biologik Jakarta-Insomnia Rating Scale). Analisa data menggunakan uji statistic spearman rank, data disajikan dalam bentuk tabel distribusi dan narasi.

Hasil Penelitian didapatkan 58 (76,3%) responden sebagai pengguna gadget sedang dan 60 (78,9%) responden mengalalmi insomnia sedang. Hasil uji menggunakan Spearman rank menunjukkan p-value 0,017 (p<0,05) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan kejadian insomnia pada remaja.

Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan penggunaan gadget dengan kejadian insomnia pada Remaja di MTs. Raudlatul Ulum, dan berkorelasi positif (searah) yang menunjukkan bahwa semakin tinggi penggunaan Gadget maka kejadian insomnia akan meningkat. Edukasi yang tepat terhadap siswa-siswi agar dapat mengkontrol penggunaan gadget agar tidak terjadi gangguan tidur (insomnia).


Kata kunci : Penggunaan gadget, kejadian insomnia, remaja



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Skripsi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Alia, Badiatul - Personal Name
Student ID 1920012
Dosen Pembimbing Wiwit Dwi N, S.Kep.Ns.,M.Kep. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Riza Fikriana S.Kep., Ns., M.Kep - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Remaja
Penggunaan gadget
kejadian insomnia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2023).HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA REMAJA DI MTS. RAUDLATUL ULUM (Kecamatan Bantur Kabupaten Malang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id