Hubungan Dukungan Guru Dengan Motivasi Siswa Dalam Penggunaan Kantin Sehat Di SDN 04 Sumberpucung
Tersedianya kantin sehat memberikan dampak yang baik guna untuk menekan konsumsi jajan sembarangan. Tak hanya motivasi siswa, namun dukungan guru juga diperlukan agar anak mau menggunakan kantin sehat. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan guru dengan motivasi siswa dalam penggunaan kantin sehat di SD Negeri 04 Sumberpucung.
Penelitian ini menggunakan desain korelatif (non-eksperimental) dengan pendekatan metode Cross sectional. Subjek penelitian ini adalah Siswa-siswi usia 9-12 tahun di SD Negeri 04 Sumberpucung dengan sampel sebanyak 110 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument The Questionnaire On Teacher Supportive Adaptivity (QTSA) dan motivasi siswa. Untuk teknik analisa data menggunakan uji spearman rank.
Penelitian dilakukan pada Juni 2023 di SD Negeri 04 Sumberpucung dengan hasil dukungan guru sebagian besar berada pada kategori baik yaitu (67,3%), sedangkan motivasi siswa sebagian besar berada pada kategori cukup yakni (65,5%). Berdasarkan uji spearman rank didapatkan hasil terdapat hubungan antara dukungan guru dengan motivasi siswa dalam penggunaan kantin di SD Negeri 04 Sumberpucung dengan p-value 0.004 (< 0.05) sehingga H1 diterima, nilai koefisien korelasi 0.271 bertanda positif yang artinya korelasi cukup dengan arah positif.
Sehingga kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara dukungan guru dengan motivasi siswa dalam penggunaan kantin sehat dii SD Negeri 04 Sumberpucung, dimana semakin tinggi dukungan guru maka akan semakin tinggi pula motivasi siswa.
Kata Kunci : kantin sehat, dukungan guru, motivasi siswa, anak usia sekolah, jajanan sehat
Detail Information
Citation
. (2023).Hubungan Dukungan Guru Dengan Motivasi Siswa Dalam Penggunaan Kantin Sehat Di SDN 04 Sumberpucung.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd