Detail Cantuman

IMPLEMENTASI LAYANAN HOME CARE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KELUARGA DENGAN MASALAH KESEHATAN DIABETES MELLITUS

IMPLEMENTASI LAYANAN HOME CARE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KELUARGA DENGAN MASALAH KESEHATAN DIABETES MELLITUS


Latar Belakang : Tercapainya kesehatan keluarga, akan mewujudkan tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Oleh karena itu kesehatan keluarga merupakan kunci utama pembangunan kesehatan masyarakat. Friedman (2003) mengatakan bahwa “keluarga merupakan salah satu aspek penting dalam keperawatan. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah mengetahui implementasi layanan Home Care dalam meningkatkan kemandirian keluarga dengan masalah kesehatan Diabetes Mellitus di Puskesmas Arjowinangun Kota malang.

Metode : Karya Ilmiah Akhir Ners ini menggunakan desain penelitian studi kasus untuk mendalami masalah asuhan keperawatan. Studi kasus ini merupakan rangkaian proses keperawatan mulai dari pengkajian, menganalisa data, intervensi keperawatan, implementasi serta evaluasi. Sample yang di gunakan 3 subyek penderita diabetes mellitus dengan hasil gdp lebih dari 110 mg/dl selama 3 bulan berturut- turut. pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan menarasikan jawaban dari penelitian yang diperoleh dari hasil interprestasi wawancara yang dilakukan.

Hasil: Hasil pengkajian dari 3 subyek di dapat diagnosa keperawatan defisit pengetahuan berhubungan dengan kurang terpapar informasi dari ke- 3 subyek juga menunjukkan bahwa sebelum di lakukan layanan Home Care tingkat kemandirian keluarga dalam kategori 2. Intervensi yang dilakukan yaitu Edukasi perilaku upaya kesehatan dan managemen Hyperglikemia. Dari hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa setelah dilakukannya asuhan keperawatan keluarga secara efektif mayoritas tingkat kemandirian keluarga adalah tingkat kemandirian 4.

Diskusi: Tahapan Home Care adalah tahap perkenalan, tahap implementasi yang terdiri atas pengkajian, intervensi dan pendidikan kesehatan serta tahap terminasi. Tingkat kemandirian keluarga adalah keadaan dimana seseorang yang memiliki kemauan dan kemampuan berupaya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan hidupnya.


Kata kunci : Home Care, kemandirian keluarga, Diabetes Mellitus



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Karya Ilmia Akhir Ners
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hidayah, Naily - Personal Name
Student ID 2233014
Dosen Pembimbing
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Diabetes Mellitus
Home Care
kemandirian keluarga
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Karya Ilmiah Akhir Ners
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2022).IMPLEMENTASI LAYANAN HOME CARE DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KELUARGA DENGAN MASALAH KESEHATAN DIABETES MELLITUS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id