ASUHAN KEPERAWATAN PADA KELOMPOK REMAJA DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TERHADAP OHCA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEKNIK INTERVENSI NUDGE
Out Of Hospital Cardiac Arrest (OHCA) merupakan suatu kejadiaan henti jantung yang terjadi diluar rumah sakit. OHCA menjadi salah satu fokus permasalahan kesehatan dunia karena angka kejadian yang tinggi. Henti jantung merupakan hilangnya fungsi jantung secara tiba – tiba yang berfungsi untuk menyuplai oksigen ke otak dan organ tubuh lainnya, sehingga dapat menyebabkan kematian sel dan ditandai dengan tidak ditemukannya denyut nadi. Korban henti jantung memiliki kemampuan untuk bertahan akan berkurang 7-10% setiap menitnya. Penatalaksanaan yang tepat dalam penanganan korban henti jantung yaitu dengan melakukan tindakan RJP dengan benar dan cepat sehingga jantung dapat berdenyut kembali. Dalam karya ilmiah akhir ners ini mengangkat kasus kesiapan peningkatan pengetahuan terhadap OHCA. Untuk itu karya ilmiah akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan kelompok remaja dengan kesiapan peningkatan pengetahuan terhadap OHCA menggunakan pendekatan teknik intervensi nudge di SMK Madani Turen Kabupaten Malang.
Metode yang digunakan dalam penyusunan karya ilmiah akhir ners ini adalah metode One Group Pretest Posttest dengan pendekatan teknik intervensi nudge (ceramah, vidio dan simulasi) selanjutnya diobservasi untuk dilihat dampaknya atau pengaruhnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 35 responden. Penulis mengikuti metode ilmiah sesuai kaidah proses keperawatan meliputi : pengkajian, analisa data, intervensi keperawatan, implementasi dan evaluasi. Dalam proses pengkajian penulis menggunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti observasi dan wawancara.
Hasil observasi sebelum (pretest) diberikan pengetahuan menggunakan pendekatan dengan teknik intervensi nudge (ceramah, vidio dan simulasi) dengan hasil nilai ≤ 75 sebesar 100% dan yang mendapatkan nilai ≥ 75 sebesar 0%. Setelah (posttest) diberikan pengetahuan didapatkan nilai ≤ 75 sebesar 11,4% dan yang mendapatkan nilai ≥ 75 sebesar 88,6%.
Berdasarkan hal tersebut maka dapat diketahui kesiapan peningkatan pengetahuan pada kelompok remaja menggunakan pendekatan dengan teknik intervensi nudge (ceramah, vidio dan simulasi) mengalami perubahan yang signifikan.
Kata kunci : Kesiapan peningkatan pengetahuan, intervensi nudge, remaja, OHCA
Detail Information
Citation
. (2022).ASUHAN KEPERAWATAN PADA KELOMPOK REMAJA DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TERHADAP OHCA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEKNIK INTERVENSI NUDGE.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd