HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS ARJOWINANGUN KOTA MALANG
Keberhasilan pelayanan Puskesmas sangat ditentukan oleh perilaku caring parawat dan tingkat kepuasan pasien sebagai pengguna jasa layanan. Faktanya sering ditemukan pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan Puskesmas, yang diduga terkait perilaku caring perawat masih belum sesuai harapan masyarakat. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Unit Rawat Jalan Puskesmas Arjowinangun Kota Malang. Penelitian korelasional berdesain cross sectional. Populasi seluruh pasien di Unit Rawat Jalan Puskesmas Arjowinangun Kota Malang. Dengan teknik consecutive sampling, besar sampel sejumlah 75 responden. Variabel yang diteliti yaitu perilaku caring perawat dan tingkat kepuasan pasien. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan uji Spearman. Hasil menunjukkan sebagian besar (65,3%) perilaku caring perawat baik, lebih dari setengah (62,7%) tingkat kepuasan pasien sangat memuaskan. Hasil uji Spearman diperoleh nilai p < 0,001 dan r = 0,78. Ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Perilaku caring perawat dengan mempertahankan kepercayaan pasien, mengetahui kondisi dan kebutuhan pasien, selalu hadir saat dibutuhkan pasien, berusaha melakukan yang terbaik untuk pasien, berusaha memandirikan pasien, serta membantu proses perubahan pasien ke arah yang lebih baik, akan semakin meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat di Puskesmas.
Kata kunci : Caring, Kepuasan Pasien, Perawat
Detail Information
Citation
. (2022).HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS ARJOWINANGUN KOTA MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd