Detail Cantuman

HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS ARJOWINANGUN KOTA MALANG

HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS ARJOWINANGUN KOTA MALANG


Keberhasilan pelayanan Puskesmas sangat ditentukan oleh perilaku caring parawat dan tingkat kepuasan pasien sebagai pengguna jasa layanan. Faktanya sering ditemukan pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan Puskesmas, yang diduga terkait perilaku caring perawat masih belum sesuai harapan masyarakat. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Unit Rawat Jalan Puskesmas Arjowinangun Kota Malang. Penelitian korelasional berdesain cross sectional. Populasi seluruh pasien di Unit Rawat Jalan Puskesmas Arjowinangun Kota Malang. Dengan teknik consecutive sampling, besar sampel sejumlah 75 responden. Variabel yang diteliti yaitu perilaku caring perawat dan tingkat kepuasan pasien. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan uji Spearman. Hasil menunjukkan sebagian besar (65,3%) perilaku caring perawat baik, lebih dari setengah (62,7%) tingkat kepuasan pasien sangat memuaskan. Hasil uji Spearman diperoleh nilai p < 0,001 dan r = 0,78. Ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Perilaku caring perawat dengan mempertahankan kepercayaan pasien, mengetahui kondisi dan kebutuhan pasien, selalu hadir saat dibutuhkan pasien, berusaha melakukan yang terbaik untuk pasien, berusaha memandirikan pasien, serta membantu proses perubahan pasien ke arah yang lebih baik, akan semakin meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat di Puskesmas.


Kata kunci : Caring, Kepuasan Pasien, Perawat



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Skripsi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hidayah, Naily - Personal Name
Student ID 20.201.05
Dosen Pembimbing Dr. Janes Jainurakhma, S.Kep. Ns. M.Kep. - - Dosen Pembimbing 1
Dedi Kurniawan, S.Kep., Ns., M.Kep. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Caring
Kepuasan Pasien
Perawat
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit Repository Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kepanjen
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2022).HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS ARJOWINANGUN KOTA MALANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id