Detail Cantuman

HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DENGAN KETIDAKSTABILAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS (Studi Di Wilayah Puskesmas Pandanwangi Kota Malang)

HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DENGAN KETIDAKSTABILAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS (Studi Di Wilayah Puskesmas Pandanwangi Kota Malang)


Diabetes melitus dikenal sebagai silent killer karena sering tidak disadari oleh penyandangnya dan saat diketahui sudah terjadi komplikasi. Kepatuhan terhadap pengelolaan DM terutama diet sangat penting, keberhasilannya dipengaruhi oleh perilaku pasien. Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis Hubungan Kepatuhan Diet Dengan Ketidakstabilan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Melitus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dengan pendekatan metode cross-sectional. Sampel yang diambil menggunakan teknik accidental sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi dengan jumlah 60 responden di Puskesmas Pandanwangi Kota Malang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 02 s/d 15 Juni 2022. Uji statistik yang digunakan yaitu uji korelasi sperman rank dengan penyajian data menggunakan tabel. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa variabel Kepatuhan Diet Dengan Ketidakstabilan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes dengan nilai signifikansi (p-value) 0,001 < 0,05. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kepatuhan Diet berhubungan dengan Ketidakstabilan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Melitus. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diketahui bahwa Kepatuhan Diet berhubungan dengan Ketidakstabilan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Melitus, sehingga Kepatuhan Diet sangat berhubungan dengan Ketidakstabilan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Melitus, untuk mengawasi kadar gula darah penderita diabetes melitus, perlu dilakukan peningkatan evaluasi kepatuhan diet yang baik yang oleh responden.


Kata kunci : Diabetes Melitus, Kepatuhan Diet, Kadar Gula Darah



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Skripsi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wahyuni, Sri - Personal Name
Student ID 20.201.12
Dosen Pembimbing Frastiqa Fahrany, S.Kep, Ns, M.Biomed - - Dosen Pembimbing 1
Galuh Kumalasari, S. Kep., Ns., M. Kep. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Diabetes Melitus
Kepatuhan Diet
Kadar Gula Darah
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit Repository Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kepanjen
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit Malang
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2022).HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DENGAN KETIDAKSTABILAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS (Studi Di Wilayah Puskesmas Pandanwangi Kota Malang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id