HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA DINI (4-5 TAHUN) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAMOTAN
Proses perkembangan psikososial anak usia dini menjadi perhatian lebih, yang diperloeh melalui interkasi social. Perkembangan global dan teknoligi mempengaruhi cara manusia dalam berinteraksi yang bisa dialakukan dengan gadget baik oleh orang dewasa atau anak-anak. Bagi anak-anak durasi penggunaan gadget yang teralalu lama memiliki dampak terhadap proses perkembangan psikososial mereka. Tujuan penelitian untuk mengetahu adanya hubungan antara penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia dini (4-5 Tahun) Di Wilayah Kerja Puskesmas Pamotan, Malang. Desian dalam penelitian ini adalah Analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional, design sampling nonprobability sampling : purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 66 reponden.Proses pengumpulan data menggunakan kuisioner. Untuk uji statistic spearmen rho. Dengan hasil sebabagai berikut, didapatkan nilai signifikansi p value 0,000 < 0,05. Sehingga, hal ini menunjukkan terdapat pengaruh antara durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan psikosial anak usia dini di wilayah kerja Puskesmas Pamotan Nilai r (coefficient corallation) 0,733 yang menandakan bahwa kedua variabel mempunyai hubungan searah. Selain itu Efek penggunaan gadget > 1 jam dalam sehari memiliki dampak negatif pada anak yang membuat mereka menjadi kecanduan bermain gadget, dan efek melemahkan otak yang berpengaruh terhadap proses perkembangan psikososial anak usia dini.
Kata kunci : Gadget, Psiskososial, Anak
Detail Information
Citation
. (2022).HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA DINI (4-5 TAHUN) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAMOTAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd