PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DAN METODE PENYULUHAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENOLONG REMAJA PADA KORBAN HENTI JANTUNG
Pendidikan kesehatan tentang BHD sangat penting diberikan untuk remaja. Penelitian ini menggunakan media komik dan metode penyuluhan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pendidikan Kesehatan Tentang Bantuan Hidup Dasar Menggunakan Media Komik Dan Metode Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Menolong Remaja Pada Korban Henti Jantung.
Desain penelitian ini Quasi Experiment dengan jumlah responden sebanyak 44 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Pengambilan data menggunakan lembar kuisioner dalam bentuk google form. Uji statistik menggunakan Uji T berpasangan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dan Uji T tidak berpasangan untuk mengetahui keefektifan antara media komik dan metode penyuluhan.
Hasil penelitian menggunakan Uji T berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan BHD pada remaja setelah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media komik dan metode penyuluhan dengan peningkatan rata-rata kelompok media komik 3,5 sedangkan kelompok metode penyuluhan 3,4091. Dari hasil Uji T tidak berpasangan didapatkan hasil nilai P value sebesar 0,213 atau p value < 0,05.
Dari hasil diatas media komik lebih efektif meningkatkan pengetahuan remaja daripada metode penyuluhan. sehingga media komik dapat digunakan untuk media Pendidikan kesehatan pada remaja.
Kata Kunci: Bantuan Hidup Dasar, Media Komik, Pendidikan Kesehatan, Remaja
Detail Information
Citation
. (2022).PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DAN METODE PENYULUHAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENOLONG REMAJA PADA KORBAN HENTI JANTUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd