HUBUNGAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PERILAKU KEBIASAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 03 BANTUR
Latar Belakang : Cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan suatu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari dengan menggunakan air dan sabun hingga bersih. Cuci tangan pakai sabun merupakan cara untuk menghilangkan kotoran dan debu secara mekanis dari kedua tangan dengan air dan sabun, mencuci tangan menggunakan sabun adalah cara yang sangat sederhana, mudah, dan sangat berguna untuk mencegah berbagai penyakit penyebab kematian, misalnya Diare dan ISPA yang sangat sering menjadi penyebab kematian pada anak-anak. Beberapa juga penyakit seperti Hepatitis, Thypus dan Flu Burung.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku kebiasaan cuci tangan pakai sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Bantur.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode cross sectional, dan termasuk ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling, yaitu dimana peneliti memilih responden berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Teknik analisis data menggunakan uji Chi-square dengan menggunakan program SPSS.
Hasil : Hasil analisis didapatkan dari hasil uji Chi-square dengan nilai p-value = 0,001 ( p < 0,05 ).
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku kebiasaan cuci tangan pakai sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Bantur.
Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku, Cuci Tangan Pakai Sabun
Detail Information
Citation
. (2022).HUBUNGAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PERILAKU KEBIASAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 03 BANTUR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd