Detail Cantuman

HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN CAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN PADA REMAJA DI SMP DIPONEGORO TUMPANG

HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN CAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN PADA REMAJA DI SMP DIPONEGORO TUMPANG


Pada bulan Maret tahun 2019 di Indonesia muncul infeksi virus yang menyebar secara cepat, virus tersebut dinamakan COVID-19. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China. COVID-19 menyebar secara massif di negara-negara lainnya. Periode yang beragam dalam kehidupan individu menuntut untuk menuntaskan tugas-tugas perkembangan yang khusus. Tugas-tugas ini berkaitan dengan perubahan kematangan, persekolahan , perkejaan, dan hal lainnya sebagai prasyarat untuk pemenuhan dan kebahagiaan hidupnya. Apabila tugas pekembangan sosial dapat dilakukan dengan baik, remaja tidak akan mengalami kesulitan dalam kehidupan sosialnya Sebaliknya, manakala remaja gagal menjalankan tugas perkembangannya akan membawa akibat negatif dalam kehidupan sosial fase-fase berikutnya. Desain penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Non Probability dengan menggunakan Purposive Sampling, Instrumen Penelitian menggunakan kuisioner, Analisis data menguunakan bivariat univariat dan regresi sederhana Hasil uji analisis regresi linier sederhana diketahui nilai besarnya korelasi antara proses pembelajaran daring dengan capaian tugas perkembangan remaja adalah 0,334, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel. Kemudian hasil korelasi koefisien (r hitung) adalah 0,334 dimana r hitung > r tabel 0,11 dan kekuatan korelasi adalah lemah sehingga dapat disimpulkan bahwa arah hubungan kedua variabel positif memiliki arti korelasi yang searah yaitu semakin tinggi proses pembelajaran daring maka semakin tinggi pula capaian tugas perkembangan remaja begitu pula sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian tabulasi silang antara kedua variabel didapatkan sebagian besar responden cukup dapat menjalankan proses pembelajaran dengan capaian tugas perkembangan remaja pada tingkat sedang sebanyak 35 responden (55,6%).



Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Capaian Tugas Perkembangan



Detail Information

Bagian Informasi
Item Type Skripsi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Firmansyah, Mohammad - Personal Name
Student ID 18.20.066
Dosen Pembimbing Dr. Janes Jainurakhma, S.Kep. Ns. M.Kep. - - Dosen Pembimbing 1
Hardiyanto, S.Kep., Ns., M.Kep - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kontributor
Kode Prodi PDDIKTI
Data Type
No. Panggil
Subyek Pembelajaran Daring
Capaian Tugas Perkembangan
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Departement
Bahasa Indonesia
Penerbit STIKes Kepanjen
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit Repository STIKes Kepanjen
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Copyright
Doi


Citation

. (2022).HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN CAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN PADA REMAJA DI SMP DIPONEGORO TUMPANG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Kepanjen University Repository

Use OPAC (Online Public Access Catalog) to search collection in our repository.

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Universitas Kepanjen Official
Youtube Repository Universitas Kepanjen Official
Instagram Repository Universitas Kepanjen Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id