HUBUNGAN EMOTIONAL SPRIRITUAL QUOTIENT (ESQ) TRAINING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA BARU DI STIKES KEPANJEN
Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar pada suatu perguruan tinggi swasta maupun negeri Perubahan tersebut seperti pada aspek fungsional individu, yaitu psikologis dan sosial yang mengharuskan mahasiswa untuk menyesuaikan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Hubungan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Training Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru STIKes Kepanjen.Desain penelitian ini yaitu Survey Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel yang diambil menggunakan teknik Sistem Random Sampling dengan 62 responden. Pada penelitian ini mengambil data ESQ dan Penyesuaian diri menggunakan lembar kuisioner. Uji statistik yang digunakan yaitu uji analisis Spearman Rank Hasil uji spearman rank didapatkan bahwa variabel terdapat hubungan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Training Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru dengan nilai signifikansi masingmasing yaitu (p-value) 0,001. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Training Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru, sehingga dengan diberinya pelatihan ESQ training sehingga meminimalisir kecemasan dan mahasiswa baru dapat memberikan sedikit pandangan terkait pencegahan spriritual dalam penyesuian diri mahasiswa baru diperguruan tinggi.
Kata Kunci : Mahasiswa Baru, Penyesuaian Diri, ESQ Training
Detail Information
Citation
. (2022).HUBUNGAN EMOTIONAL SPRIRITUAL QUOTIENT (ESQ) TRAINING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA BARU DI STIKES KEPANJEN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd