Gambaran Asuhan Keperawatan dengan Nyeri Akut Intervensi Terapi Relaksasi Otot Progresif pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Bareng

Detail Cantuman

Karya Ilmiah Akhir Ners

Gambaran Asuhan Keperawatan dengan Nyeri Akut Intervensi Terapi Relaksasi Otot Progresif pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Bareng

XML

Latar Belakang : Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari sama dengan 140 mmHg dan diastolik lebih dari sama dengan 90 mmHg. Gejala paling sering dikeluhkan klien hipertensi adalah nyeri kepala sampai tengkuk. Nyeri yang dirasakan pasien hipertensi akan berdampak pada fisik, perilaku, dan aktifitas sehari-hari. Dampak nyeri yang ditimbulkan memerlukan penanganan yang spesifik yaitu dengan cara pengobatan farmakologi dan nonfarmakologi. Tindakan nonfarmakologi dapat di lakukan salah satunya dengan memberikan teknik terapi relaksasi otot progresif. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah penulis mampu memahami Gambaran Asuhan Keperawatan Pada Pasien Hipertensi Dengan Masalah Keperawatan Nyeri Kepala Dengan Pemberian Intervensi Relaksasi Otot Progresif di Puskesmas Bareng.
Metode : Karya Ilmiah Akhir Ners ini menggunakan desain penelitian studi kasus untuk mendalami masalah asuhan keperawatan. Studi kasus ini merupakan rangkaian proses keperawatan mulai dari pengkajian, menganalisa data, intervensi keperawatan, implementasi serta evaluasi. Pengumpulan data yang di dapatkan dari anamnesa, pemeriksaan fisik dan observasi.
Hasil : Hasil dari pengkajian dari 5 pasien hipertensi didapatkan diagnosa keperawatan utama yaitu Nyeri Akut berhubungan dengan agen pencedera fisiologis. Intervensi keperawatan yang diangkat adalah Teknik Relaksasi Otot Progresif. Teknik relaksasi otot progresif dapat dilakukan pasien dan menurunkan nyeri pasien,. Dengan hasil intervensi semua masalah teratasi.
Diskusi : Relaksasi otot progresif merupakan teknik relaksasi otot dalam yang tidak memerlukan imajinasi, ketekunan, atau sugesti. Berdasarkan keyakinan bahwa tubuh manusia berespons pada kecemasan dan kejadian yang merangsang pikiran dengan ketegangan otot.


Kata Kunci : Hipertensi, Nyeri Akut, Progresif


Detail Information

Item Type
Karya Ilmia Akhir Ners
Penulis
Dewi, Linda Kusuma - Personal Name
Student ID
22.33.010
Dosen Pembimbing
Faizatur Rohmi S.Kep., Ns., M.Kep. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Repository Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kepanjen : Malang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail