Asuhan Keperawatan dengan Ketidakstabilan Kadar Glukosa Darah Intervensi Diabetes Self Management Education (DSME) pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Bareng

Detail Cantuman

Karya Ilmiah Akhir Ners

Asuhan Keperawatan dengan Ketidakstabilan Kadar Glukosa Darah Intervensi Diabetes Self Management Education (DSME) pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Bareng

XML

Ketidakstabilan kadar glukosa darah adalah variasi kadar glukosa darah naik atau turun dari rentang normal. Akibat dari kadar gula darah tidak stabil adalah meningkatkan risiko komplikasi bahkan kematian. Pemberian edukasi dengan pendekatan DMSE menggunakan konseling dan intervensi perilaku berdasarkan lima pilar penatalaksanaan DM. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari asuhan keperawatan dengan ketidakstabilan kadar glukosa darah intervensi Diabetes Self Management Education (DSME) pada penderita Diabetes Melitus tipe 2 di Puskesmas Bareng.
Penelitian menggunakan metode studi kasus meliputi proses keperawatan dari pengkajian, analisa, intervensi, implementasi serta evaluasi. Pengumpulan data dari rekam medis, anamnesa, pemeriksaan fisik dan observasi.
Hasil pada 3 responden didapatkan diagnosa ketidakstabilan glukosa darah, intervensi dengan pendekatan DSME. Semua responden dapat menerapkan DSME, sehingga pada evaluasi akhir kadar glukosa darah membaik dan masalah teratasi.
DSME merupakan elemen penting dalam pengobatan DM dengan memberikan pengetahuan kepada pasien tentang penerapan strategi perawatan diri untuk mengoptimalkan kontrol metabolik dan mencegah komplikasi.


Kata Kunci: Diabetes Melitus, DSME


Detail Information

Item Type
Karya Ilmia Akhir Ners
Penulis
Tsuroyya, Himmatus - Personal Name
Student ID
22.33.008
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Repository Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kepanjen : Malang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail